Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Monday, September 14, 2015

Daftar Kumpulan Permainan / Games untuk anak-anak

Pada pos saya tentang Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel terdapat beberapa komentar yang menanyakan tentang daftar permainan anak-anak. Mungkin karena daftar permainan yang saya tuliskan di pos tersebut kebanyakan agak susah dimengerti anak kecil ya..

Anak kecil memang secara pemahaman tingkatnya agak berbeda dengan pemuda atau orang dewasa. Untuk itu, permainan-permainan buat anak kecil sebaiknya yang simpel dan biasanya lebih untuk seru-seruan.

Berikut daftar kumpulan permainan / games untuk anak-anak yang bisa saya tuliskan lewat pos ini. Semoga bisa membantu ya.. Terutama untuk guru-guru.


1. Rebutan Kursi

Permainan yang paling sering dilihat kalau pesta-pesta permainan anak kecil. Sering dilihat memang menandakan kalau game ini pasaran, tapi bisa berarti juga kalau game ini masih seru bagi anak kecil sampai sekarang.

Siapkan kursi atau alas yang menandakan bahwa ini tempat duduk. Setelah itu buat anak-anak melingkar lalu siapkan jumlah kursi atau alas sejumlah pemain dikurangi satu.

Putar lagu dengan menggunakan MP3 atau gitar lalu ajak anak-anak bernyanyi bersama sambil memutari tempat duduk itu. Ketika lagu berhenti, anak-anak harus duduk di kursi atau alas. Karena jumlah kursi adalah jumlah pemain dikurangi satu, maka pemain yang tidak mendapat kursi dinyatakan gugur.

Ulangi games tadi dengan mengurangi pemain yang gugur dan satu kursi. Pemain yang tersisa di akhir games itulah yang menjadi pemenangnya.

2. Rebutan Hadiah

Hampir serupa dengan permainan rebutan kursi, namun permainan ini adalah rebutan hadiah.

Siapkan hadiah atau benda yang mudah untuk dipindah tangankan. Setelah itu buat anak-anak melingkar dan berikan hadiah atau benda ke salah satu anak sebagai posisi hadiah awal.

Putar lagu dengan menggunakan MP3 atau gitar lalu ajak anak-anak bernyanyi bersama. Pada saat lagu diputar, anak yang memegang hadiah harus memberikan hadiah tersebut ke orang di sebelah kanannya begitu seterusnya. Ketika lagu berhenti, anak yang memegang hadiah terakhirlah yang menjadi pemenangnya.

Hadiah sebenarnya bisa diganti dengan hukuman atau kesempatan. Misalnya yang dapat benda itu maka akan dihukum atau yang dapat benda bisa diberikan kesempatan untuk bernyanyi atau hal lain yang menarik bagi anak-anak.

3. Ucapan vs Gerakan (Credit by : Sukini Kini)

Game ini didapat dari salah satu komentar blog saya. Game-nya menarik karena game ini membutuhkan konsentrasi. Nah, anak kecil kalo dikasih permainan konsentrasi pasti bawaannya ketawa mulu. Hahahaha..

Cara mainnya mudah, berikan ciri-ciri empat benda yang saling berlawanan. Misalnya gajah ciri-cirinya besar, semut ciri-cirinya kecil, kereta ciri-cirinya panjang, pensil ciri-cirinya pendek.

Setelah anak-anak sudah dijelaskan ciri-ciri benda yang dibuat untuk permainan, anak-anak diminta untuk menyebutkan ciri-ciri masing-masing benda TETAPI gerakannya justru harus berlawanan dengan ucapannya.

Misalnya, ketika guru atau pemimpin permainan menyebutkan menyebutkan semut, maka anak harus menyebutkan ciri semut yaitu kecil sambil tangannya membentuk lingkaran besar. Waktu guru atau pemimpin permainan menyebutkan pensil, maka anak harus menyebutkan ciri pensil yaitu pendek sambil kedua telapak tangan mereka berhadapan tapi dibuat jauh (panjang).

Karena dibuat seru-seruan, silahkan menentukan sendiri apakah permainan ini mencari yang paling banyak salah atau pemenangnya. Kalau cari yang paling banyak salah maka yang kalah bisa diberi hukuman, kalau mencari pemenang ya jangan lupa siapkan hadiah yang menarik buat anak-anak ya.

4. Batu Kertas Gunting dengan Tubuh (Credit by : Kevin)

Sama seperti game batu kertas gunting pada umumnya, batu menang melawan gunting, gunting menang melawan kertas, kertas menang melawan batu. Hanya saja, kalau batu kertas gunting biasanya menggunakan tangan, pada game ini menggunakan tubuh.

Jika orang mau menggunakan kertas, maka dia harus melebarkan tangan dan kakinya sehingga seperti kertas. Jika batu, tangan kanan dan tangan kiri bersentuhan di atas sehingga bentuknya seperti lingkaran. Jika ingin menggunakan gunting, tangan majukan ke depan bersilangan seperti gunting.

Dengan variasi ini, permainan batu kertas gunting menjadi lebih seru. Jika banyak anak, gunakan sistem turnamen sehingga pertandingan bisa lebih seru, dan juga, yang kalah juga tetap merasakan seru karena menjadi penonton.

5. Tuhan Yesus Berkata (Credit by : Yenme)

Seringnya sih saya denger nama game ini adalah "Simson berkata" tapi sebenarnya ga pengaruh juga sih sebenarnya.

Di game Tuhan Yesus berkata ini, moderator akan memberikan instruksi-instruksi kepada setiap peserta. Instruksi bisa berupa duduk, pegang telinga, berdiri, lipat tangan atau lainnya.

Namun, di permainan ini, jika moderator tidak mengawali dengan kata "Tuhan Yesus berkata.." maka setiap pemain tidak boleh mengikuti instruksi tersebut. Sebaliknya, jika moderator mengawali dengan kata "Tuhan Yesus berkata.." maka setiap pemain harus mengikuti instruksi tersebut. Pemain yang bermain tidak sesuai aturan adalah pemain yang kalah dalam permainan tersebut.

6. Pancasila Lima Dasar

Ini mainan waktu saya masih kecil nih, seru loh buat melatih anak-anak dalam bermain kata.

Pertama tinggal janjian dulu topik apa yang mau dijadikan kata, misalnya nama negara, nama orang terkenal, nama buah, nama binatang atau lainnya.

Setelah itu tinggal hom pim pa tapi bukan nunjukkin hitam atau putih, melainkan nunjukkin angka yang diinginkan melalui jumlah jari (semoga ngerti maksud saya, hehehe..).

Lalu hitung jumlah jari itu dan ubah menurut alfabet. Misalnya jumlah jari yang ditunjukkan dari setiap peserta sebanyak 13, nah huruf ke-13 dari alfabet kan adalah M, maka setiap anak-anak mesti nyebutin nama sesuai topik yang dijanjikan (misalnya nama binatang) yang berawalan dengan huruf M. Nama yang sudah disebutkan tidak boleh disebutkan lagi.

Peserta yang terakhir dinyatakan kalah, namun karena ini sifatnya untuk anak-anak, lebih baik dibuat seru-seruan aja game ini. Jangan pakai sistem gugur, yang penting main aja. Hahaha..




Sebenarnya untuk daftar permainan anak-anak, saya udah kebanyakan lupa. Jadi untuk membuat pos tentang daftar kumpulan permainan anak-anak ini saya cukup kesulitan. Berhubung sempat membaca komentar yang merekomendasikan game anak-anak, saya jadi semangat untuk membuat pos kumpulan games anak kecil ini.

Jika kamu punya daftar permainan untuk anak kecil yang seru, ayo dong berbagi daftar permainan untuk anak-anak yang kamu punya itu di komentar. Jangan malu untuk share ^^

0 comments:

Post a Comment

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates