Wednesday, August 26, 2015

Yuk memberi di JustGiving.com

Berawal dari browsing-browsing Internet yang akhirnya menyebabkan nyasar ke situs satu ini. JustGiving.com merupakan website yang digunakan untuk penggalangan dana (fundraising) dan donasi. Secara singkat, website ini mengajak kita untuk memberi (donasi) atau menerima (penggalangan dana).

Saya dapatkan situs ini ketika saya sedang belajar soal SEO dimana artikel yang saya baca menunjukkan bahwa saya dapat memberi link ketika sudah melakukan donasi. Jadi akhirnya kepikiran buat nyoba deh. Hitung-hitung memberi sekaligus dapat benefit untuk mendapatkan link (ketahuan kurang tulusnya. Hehehe..).


Cara register di JustGiving simpel, sama seperti cara register website pada umumnya. Setelah Anda log in, maka Anda akan melihat daftar proyek penggalangan dana seperti tampilan di bawah ini



Proyek-proyek itu dapat Anda pilih mana yang sesuai untuk anda. Waktu itu saya pilihnya yang Calais Appeal karena tampilannya paling atas sendiri. Baca-baca seputar tujuan penggalangan dana proyek Calais Appeal ini juga membuat saya berpikir untuk memberikan donasi pada proyek ini.

Yah, walaupun sumbangan saya termasuk kecil, tapi semoga bisa memberikan keuntungan untuk orang-orang disana.

Orang-orang yang ingin menggalang dana membuat sebuah proyek baru untuk menjelaskan proyek untuk penggalangan dana tersebut. Anda juga dapat membuat penggalangan dana dengan meng-klik tombol "Start Fundraising." Pilih organisasi apa yang Anda jadikan alasan untuk penggalangan dana. Mungkin yang bikin kita bingung karena tidak menemukan organisasi yang kita inginkan. Kalau demikian, silahkan daftarkan organisasi itu di link yang bertuliskan "invite them" di bagian bawah.

Untuk saat ini, saya belum menemukan website untuk penggalangan dana di Indonesia yang seperti JustGiving.com. Kelihatannya menarik juga ya kalau ada website penggalangan dana khusus untuk Indonesia. Waktu saya coba cari-cari di Google, mungkin bagi yang ingin melakukan donasi khusus untuk Indonesia, Anda dapat mencobanya di UNICEF Indonesia.

Website untuk penggalangan dana membuat kita lebih mudah memberi apalagi bagi orang-orang yang bekerja penuh waktu seperti karyawan, guru, dan lainnya. Jadi, bagi kamu yang merasa waktumu terbatas tapi kamu ingin belajar memberi. Yuk memberi di JustGiving.com :)

2 comments:

  1. yang lokal juga ada gan di situs kitabisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih gan.. Referensinya menarik juga nih
      Boleh tuh kapan-kapan dicoba

      Delete