Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Monday, August 17, 2015

Apa itu Passion?

Apa itu Passion?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang perlu diketahui jawabannya oleh kita semua, karena Passion merupakan cara yang Tuhan sediakan bagi kita agar kita mengetahui destiny hidup kita. (divine purpose)

Arti Passion menurut Google Translate bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, berbicara tentang "gairah" atau "semangat." Jika kita berbicara soal "gairah" atau "semangat," maka kita akan berbicara soal antusias yang berasal dari bahasa Yunani yaitu En dan Theos. en berarti di dalam sedangkan theos artinya Tuhan. Dengan demikian, antusias mengandung arti di dalam Tuhan atau Tuhan di dalam kita. Seringkali, antusias dihubungkan dengan kata semangat. Hal ini berarti, passion sebenarnya merupakan semangat yang didapat di dalam Tuhan.

"Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit," Neh 1:4

Nehemia 1 menceritakan respon Nehemia yang begitu hancur hati ketika mendengar cerita runtuhnya tembok Yerusalem. Dari Nehemia pasal 1 ini kita akan mempelajari doa Nehemia yang keluar dari hatinya yang paling dalam. Di akhir pasal tersebut, kita akan mendapati bahwa Nehemia berposisi sebagai juru minuman raja. Nehemia memiliki kehidupan yang layak di masa itu, namun ketika mendengar cerita tembok Yerusalem hatinya hancur. Dia tidak memikirkan fasilitas-fasilitas yang dia dapatkan sewaktu menjadi juru minuman raja, tapi yang dia pikirkan adalah bagaimana cara agar tembok Yerusalem dibangun kembali. Nehemia memiliki passion yang kuat untuk memulihkan kembali tembok Yerusalem.

Passion berbeda dengan perasaan senang atau asyik. Bisa saja suatu hal merupakan hal yang kamu senangi, namun kamu tidak memiliki Passion mengenai hal itu. Namun, sesuatu yang merupakan passion-mu pastilah merupakan sesuatu yang kamu senangi. Contohnya, orang yang senang makan bukan berarti memiliki passion terhadap makanan. Website saya (bareng teman saya) passionforeating.com membahas soal kuliner Surabaya. Saya senang untuk membuat website tersebut, namun hal ini tidak menjamin kalau saya memiliki passion terhadap makanan karena saya hanya senang saja namun tidak sampai berkobar-kobar ketika berbicara tentang makananf.

Mungkin kamu masih bingung dengan pertanyaan apa itu passion. Jangan khawatir, melalui bukunya Dating Your Destiny, Josua Wahyudi menjelaskan arti passion melalui kalimat-kalimat sederhana yang akan saya jabarkan berikut ini.

passion

Sesuatu yang paling kamu NIKMATI, bukan sesuatu yang paling AHLI untuk kamu lakukan.


Nehemia memiliki keahlian untuk menjadi juru minuman raja. Alasannya sederhana, orang-orang yang mengincar posisinya itu pasti banyak. Namun Nehemia bisa terpilih, itu berarti Nehemia ahli dalam pekerjaannya. Nehemia memiliki keahlian di pekerjaannya, tapi dia tidak menikmati apa yang dia lakukan. Oleh karena itu raja (Nehemia 2) menanyakan alasan kenapa muka Nehemia muram disaat dia sedang bekerja. Nehemia memiliki keahlian di pekerjaannya, tapi dia tidak memiliki passion pada pekerjaannya itu. Nehemia justru menikmati untuk memikirkan keadaan tembok Yerusalem yang sedang runtuh.

Choi Sung Bong yang merupakan semifinalist dari Korea's Got Talent merupakan seorang yang homeless. Masa kecilnya diwarnai dengan berpindah-pindah tempat tinggal. Suatu ketika Choi Sung Bong di-interview oleh wartawan tentang siapa yang memberikan dia inspirasi untuk bernyanyi. Dia berkata, "Aku merasa tenang ketika mendengarkan musik, musik satu-satunya temanku ketika aku merasa kesepian," ucapnya. Choi Sung Bong tidak memiliki guru les bernyanyi, tapi yang dia tahu dia menikmati ketika sedang bernyanyi. Keahlian mengikuti ketika dia menikmati dirinya saat bernyanyi.

Passion berbicara mengenai sesuatu yang paling kamu nikmati. Jika kamu merasa menikmati saat melakukan sesuatu, mungkin saja hal itu merupakan passion yang Tuhan berikan padamu. Tidak usah peduli dengan keahlianmu saat itu karena keahlian bisa ditingkatkan sedangkan passion merupakan hal yang diberikan oleh Tuhan (baca juga: Menemukan Kekuatan, Memberi Motivasi Hidup).

Semangat yang menyala-nyala dalam hati, yang membuatmu seperti mendapat energi ekstra nyaris tiada habis!


Energi ekstra! Inilah alasan kenapa orang yang hidup dengan passion-nya akan terlihat berbeda dengan orang yang hidup tanpa passion. Orang yang hidup dengan passion serasa memiliki energi yang tak pernah habis. Orang biasa mungkin akan capek untuk melakukan atau memikirkannya terus, tapi orang yang hidup sesuai passion-nya dapat memberikan energi yang lebih sehingga membuat mereka tampil lebih bersinar.

Pendeta yang menjadi seorang pembicara karena merupakan passion-nya pasti akan terlihat sangat jelas. Saya memiliki gembala yang bernama Ps. Philip Mantofa. Dia memiliki jadwal yang padat, jam kerja yang tinggi, tapi saya sebagai jemaat yang digembalakan olehnya selalu melihat dia memiliki semangat pada saat dia berkhotbah. Lututnya sempat mengalami sakit yang mengharuskan dia istirahat, tapi apa yang terjadi, saya tetap lihat dia berkhotbah dengan disediakan kursi agar dia bisa mengistirahatkan lututnya sambil berkhotbah. Tapi ya, saat khotbah itupun kadang dia bisa bangkit berdiri dari kursi dan berkhotbah. Passion-nya untuk memberitakan Firman Tuhan membuat dia serasa mendapat energi ekstra nyaris tiada habis.

Sesuatu yang memacu ide-idemu, kekuatanmu, dan membuatmu sangat bahagia saat melakukannya.


Jika kamu suka berbicara tentang suatu topik bahkan sampai membuatmu kepikiran terus akan topik tersebut. Maka bisa saja hal itu merupakan passion yang Tuhan taruh dalam dirimu. Setiap kita memiliki kesukaan akan sesuatu hal yang berbeda-beda. Bisa saja kamu suka dengan topik ini namun teman-temanmu tidak suka dengan topik tersebut. Maka dari itu, menemukan passion yang ada dalam dirimu bisa dicari melalui apa hal-hal kesukaanmu.

Menemukan kesukaan merupakan hal yang cukup mudah, kamu tinggal tanyakan pada dirimu topik apa yang menjadi kesukaan dirimu. Topik apa yang kamu sukai jika diangkat dalam suatu pembicaraan kelompok. Orang yang senang dengan suatu topik pasti terlihat kok pada saat sedang berbicara. Bahkan, taktik ini (menemukaan kesukaan) merupakan salah satu cara ampuh agar kamu bisa menjaga percakapan terus berjalan dengan wanita. (Baca juga: Cara agar percakapan terus berjalan dengan wanita)

Setelah menemukan daftar kesukaanmu, kini saatnya untuk mencari passion-mu dalam daftar kesukaanmu itu. Passion berbicara mengenai sesuatu yang memacu ide-idemu, kekuatanmu, dan membuatmu sangat bahagia saat melakukannya. Kamu terus-menerus memikirkannya, mencari ide-ide kreatif supaya hal itu menjadi lebih baru. Bahkan, kekuatanmu terus kamu kerahkan untuk menjadikan apa yang menjadi passion-mu supaya lebih hidup. Kamu tetap bahagia saat memikirkan bahkan melakukannya.

Nehemia terus memikirkan persoalan tembok Yerusalem dibandingkan pekerjaannya saat itu. Itulah sebabnya ketika Nehemia ditanya raja mengenai waktu pembangunan tembok Yerusalem, jawaban Nehemia bisa menyentuh hati raja sehingga memperbolehkan Nehemia untuk pergi membangunnya. Nehemia terus memikirkan cara membangunnya, terus memunculkan ide-ide kreatif yang membuat jawaban Nehemia bisa dianggap masuk akal oleh raja bahkan membuat raja terkesima. Itulah kehebatan passion jika disikapi dengan benar.

Kisah Walt Disney merupakan contoh lain mengenai orang yang hidup dalam passion-nya. Dia menyukai animasi dan bermimpi untuk membuat orang yang mengenal dia merasakan sukacita. Melalui mimpi dan animasinya itu dia menciptakan Disney Land yang kita ketahui sampai saat ini sebagai wahana hiburan yang disukai oleh anak-anak. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Walt Disney sempat mengalami jatuh bangun dalam usaha animasi buatannya itu. Animasinya pernah diambil hak patennya oleh perusahaan tempat Ia bekerja. Namun yang menarik, Walt Disney bangkit lagi dengan tokoh animasi yang lain yang justru membuat Walt Disney semakin terkenal. Passion akan membuatmu bangkit lagi di saat kamu terpuruk.

Sesuatu yang membuatmu siap berkorban, puas melakukannya meski tak dibayar, dan merasa ingin melakukannya terus.


Salah satu film yang saya ikuti adalah Running Man. Film ini merupakan variety show dimana membernya bermain misi-misi permainan untuk mencapai kemenangan. Salah satu yang menarik dari film Running Man ini adalah ide-ide permainannya yang kreatif dan lucu. Saking terkenalnya film ini, saya pernah melihat di salah satu episode dimana permainan-permainan yang dimainkan pada episode itu diambil dari penonton Running Man yang aktif memberikan skenario permainan kepada Production Director (PD) Running Man.

Ketika saya ingat episode ini, yang saya bisa bayangkan adalah passion penonton tersebut terhadap konsep film ini. Dia membuat skenario permainan lengkap dengan animasinya dan diberikan kepada Production Director tanpa menuntut bayaran. Tidak tahu lagi kalau pada akhirnya Running Man memberikan imbalan pada penonton yang membuat skenario permainan tersebut, tapi yang perlu diperhatikan, penonton ini siap mengorbankan waktunya tanpa perlu ada jaminan akan dibayar. Itulah passion!

Passion adalah sesuatu yang membuat kita siap berkorban banyak terhadap hal tersebut. Kita puas berkorban dan melakukannya meski tak dibayar. Kita ingin melakukannya terus-menerus sekalipun mungkin hal itu justru membuat rugi kita sendiri. Penting untuk menghidupi apa yang menjadi passion kita karena hal itu akan membuat kita berkorban ke hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita.

Thomas Alva Edison yang memiliki passion terhadap penemuan (invention) telah membuktikan kehebatan passion. Dia memiliki penemuan yang telah dipatenkan sebanyak 1.093 buah penemuan. Salah satu penemuannya yang paling dilihat oleh mata dunia adalah penemuan terhadap lampu pijar. Perlu diingat, ketika Thomas Alva Edison menemukan lampu pijar ini, dia mengalami kegagalan lebih dari 9ribu kali. Salah satu sumber mengatakan bahwa penemuan lampu pijar itu baru berhasil pada percobaannya yang ke-9.999. Hmm... Kira-kira berapa ya biaya yang harus dikorbankan oleh Thomas Alva Edison untuk setiap penemuannya yang gagal? Passion membuat seseorang sulit untuk menyerah dan ingin melakukannya terus.




Sekian pembahasan tentang passion pada artikel kali ini. Semoga pembaca terberkati ya dengan artikel ini..

Menyenangkan sekali jika mengetahui passion kita di usia muda. Semakin awal semakin baik untuk mengenali passion kita dan tinggal di dalamnya. Oleh sebab itu, saya mau berkata kepada pembaca blog ini bahwa beruntung jika Anda membaca artikel kali ini (Apa itu Passion?) dan segera merenungi bacaan kali ini. Jadi, apa passion-mu? Share-kan disini ya..! :)

0 comments:

Post a Comment

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates