Tuesday, December 09, 2014

Website Jualan Online TokoOnis.com dengan Yii Framework

Akhirnya..! Selesai juga pembuatan website TokoOnis.com untuk membantu jualan Online saya. Setelah proses pembelajaran yang lumayan lama, sambil menunda-menunda juga (ada kerjaan lain juga sih..), akhirnya website ini bisa dipakai oleh pelanggan Toko Onis untuk melihat-lihat barang-barang jualan yang kami sediakan. Buat yang belum tahu, jualan kami sementara ini mencakup catokan rambut, hairdryer (alat pengering rambut), clipper dan trimmer.

Seperti yang dikatakan di judul, website ini menggunakan Framework yii yang didukung dengan ekstensi Yiistrap agar bisa mengaplikasikan Bootstrap dalam pembuatan design-nya. Bootstrap sendiri merupakan kumpulan class css yang membantu design tampilan kita. Cocoklah buat saya yang kurang pintar dalam hal men-design. Hehe..



Kenapa bikin website? Bukannya blog sudah mencapai halaman 1 di Google?



Ini pertanyaan yang ditanyakan temen saya waktu saya tunjukkan website yang baru saya buat ini. Well, memang sih page 1 di Google sudah dicapai oleh Blog OnisCatok dalam keyword "jual catokan." Tapi, berdasarkan pengalaman saya nge-blog, blog itu susah untuk kustomisasinya terutama untuk SEO. Salah satu contohnya tuh meta keywords dan meta description. Dalam blog, cuman bisa kita tuliskan satu meta keywords dan meta description untuk seluruh isi website kita. Sedangkan untuk website toko online buatan sendiri, kustomisasi seperti meta keywords dan meta description lebih mudah untuk dilakukan.

Selain itu, faktor nama website sendiri juga mempengaruhi dalam menarik pengunjung ke website kita dibanding dengan blog. Bisa bayangin dong kalau kita disuruh milih antara website dengan domain blogspot.com atau domain sendiri pada hasil pencarian Google kita bakal pilih yang mana? Tentu website dengan domain sendiri lebih terpercaya. Untuk itulah saya putuskan untuk mulai mengunggulkan website TokoOnis.com saya dibandingkan dengan blog yang sekalipun jumlah munculnya di Google cukup bagus, namun dalam jumlah pengunjung yang masuk masih kurang memuaskan.

Namun dengan website baru ini, maka saya harus mulai melakukan optimasi dari awal untuk mendapatkan nilai yang bagus dari Google (SEO). Dan ternyata untuk melakukan hal tersebut tidak semudah yang saya bayangkan. Susah banget untuk muncul di halaman pertama Google. Ya, salah satu faktornya tentu usia domain, karena Google ga mungkin dong menampilkan website-website dengan usia yang masih muda dengan begitu cepatnya. Yah, jadi untuk masalah ini saya anggap sebagai tantangan sekaligus investasi untuk kedepannya.

Kenapa investasi? Karena sekalipun sekarang susah untuk masuk ke halaman Google, tapi kan seiring berjalannya waktu, website TokoOnis ini juga akan dianggap oleh Google, melihat faktor usianya yang bertambah tua. Jadi ya tidak masalah lah kalau awal-awal masih susah untuk masuk halaman Google. Mengingat proses SEO bukan proses yang begitu lahir langsung jadi nomor satu, tapi memerlukan waktu yang lama dan tentunya pembelajaran terus-menerus tentang teknik SEO.

Ke depannya saya berharap website TokoOnis bisa menjadi nomor satu dalam pencarian barang-barang jualan kami seperti Jual Catokan Rambut, Hairdryer, Clipper dan Trimmer. Dengan menerapkan teknik-teknik SEO On Page dan Off Page, kami berharap bisa betul-betul memuaskan pelanggan Toko Onis. Tampilan-tampilan yang diberikan pun juga diharapkan dapat sesuai dengan keinginan. Sementara untuk tampilan saya buat tampilan versi simple, bingung sih mau ditambahkan apalagi. Hehe..

Website ini juga masih dalam tahap pengembangan, jadi jika mau memberi kritik dan saran atau tanya-tanya bisa dikirimkan lewat E-mail ke saya atau komentar di bawah ya. Perubahan-perubahan kecil juga sebenarnya ingin saya tambahkan, tapi masih menunggu waktu yang tepat juga. Hihi.. Tawaran kerjasama juga boleh, nanti kalau menarik mungkin kita bisa saling bantu-membantu. :)

No comments:

Post a Comment