Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Friday, May 16, 2014

(Kondisi Butuh Persiapan) Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel

Syalom..!

Sudah lama banget nih ga update. Bingung juga untuk update apa soalnya, tapi setelah melihat-lihat posting Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel yang banyak dilihat orang, akhirnya muncullah ide untuk membuat post baru tentang game lagi.

Beda post ini dengan post yang lama apaan? Sesuai yang ditulis di judul, untuk permainan-permainan pada post ini akan dikategorikan sebagai permainan yang kondisinya butuh persiapan. Artinya game-game yang akan saya bagikan berikut ini membutuhkan persiapan terutama dalam bentuk materi, cocok untuk kalian-kalian yang tidak terburu-buru dalam mencari permainan dan bersedia menabur untuk membeli alat-alat permainan. Sebenernya kalau punya teman yang punya alat permainannya bisa pinjam aja sih, irit sedikit. Hehe.. :p

Berikut adalah daftar-daftar game (ice breaker) yang menarik untuk dimainkan pada kelompok sel ataupun pada saat cangkruk bersama. Silahkan di simak ya..


1. Uno Stacko with Punishment (Credit by : Tere)

Untuk permainan ini dibutuhkan alat permainan yang namanya Uno Stacko. Setelah saya Googling, daripada saya menjelaskan panjang lebar, untuk cara permainan Uno Stacko yang lengkap dapat dilihat disini.

Uno Stacko


Kurang lebih permainannya adalah menyusun balok-balok Uno Stacko menjadi bangunan tinggi. Setiap orang bergiliran untuk mengambil 1 balok dari bangunan Uno Stacko tersebut lalu mengembalikannya ke bagian paling atas dari bangunan tersebut. Yang kalah adalah orang yang menjatuhkan bangunan Uno Stacko tersebut, bisa pada waktu mengambil atau bahkan mengembalikan Uno Stacko-nya. Oh ya, dalam mengambil 1 balok tersebut ada aturannya, untuk peraturannya dapat dilihat di link yang sudah diberikan ya.

Pada waktu saya memainkan game ini, yang kocak adalah terdapat "Punishment"/hukuman-nya setiap mengambil balok. Hal ini dikarenakan setiap balok pada Uno Stacko tersebut ditempeli kertas yang berisikan hukuman-hukumannya. Sehingga setiap mau mengambil balok ada perasaan deg-degan yang menakutkan karena selain takut jatuh, juga takut kena jenis hukuman apaan. Untuk jenis hukuman bisa disiapkan sekreatif mungkin, mungkin juga perlu dikasih kertas yang bertuliskan "Tidak ada hukuman" sehingga membuat pemain juga berekspektasi untuk lolos dalam mengambil baloknya. Kalau pada waktu saya memainkan permainan ini, jenis-jenis hukumannya lebih bersifat ke media sosial. Contohnya "Tulis di grup WhatsApp 'aqoeh kena hukuman niech..'" atau bisa juga "Update status BBM / Upload foto gokil" dan lain-lain..


2. The Werewolf Game

The Werewolf Game biasa juga dikenal dengan Mafia Game atau Game bunuh-bunuhan. Ide permainan ini adalah menggantung semua pemegang role "Werewolf" yang berkumpul bersama-sama dengan "Rakyat". Permainan ini bisa dilakukan di Board Game (menggunakan kartu) atau bahkan bisa dimainkan secara Online. Variasi dari permainan ini sangatlah banyak, saya sempet Googling sebentar tentang permainan ini dan melihat banyak banget variasi-variasi yang dilakukan. Daripada kebingungan dengan berbagai sumber, akhirnya saya memutuskan untuk menjelaskan permainan ini sendiri dengan lebih simple. Hehe..

Untuk permainan ini dibutuhkan Moderator untuk memimpin alur permainan. Untuk pemainnya akan mendapat role secara acak yaitu Doktor, Polisi, Rakyat Biasa, dan Werewolf. Ini yang simple sih, kalau mau role yang lebih banyak dapat Googling sendiri banyak kok. Untuk jumlahnya juga tidak ada rumus pastinya, tapi kalau saya sarankan jika pemain di bawah atau sama dengan 8 orang, gunakan 1 Doktor, 1 Polisi, 1 Werewolf, sisanya Rakyat Biasa. Jika di atas 8 orang, gunakan 1 Doktor, 1 Polisi, 2 Werewolf, sisanya Rakyat Biasa. Kalau dirasa kurang imbang, dapat disesuaikan sendiri misalnya dengan menambah jumlah polisinya.

Tugas Werewolf adalah membunuh setiap Penduduk (bukan Werewolf) pada fase malam dan lolos dari tiang gantungan pada fase siang sampai jumlah Penduduk sama dengan jumlah Werewolf. Tugas Doktor adalah melindungi pemain yang diincar oleh Werewolf pada fase Malam. Tugas Polisi adalah menunjuk satu orang pada fase malam, Moderator akan memberi tanda apakah orang yang ditunjuk adalah Werewolf atau bukan Werewolf selain itu Polisi juga dapat menembak salah satu pemain pada fase siang. Untuk Rakyat Biasa ya tidak ada yang khusus, namanya juga rakyat biasa :3 .. Penduduk (bukan Werewolf) akan menang jika semua pemegang role Werewolf sudah mati.

Agar permainan ini bisa dilakukan, biasanya daripada ribet gunakan kartu remi saja. Silahkan janjian, misalnya kartu "As" merupakan Polisi, "Queen" merupakan Doktor, Rakyat Biasa merupakan angka biasa, dan "Joker/Jack" merupakan Werewolf. Selanjutnya kartu tersebut disiapkan sesuai jumlah pemainnya dan jumlah masing-masing rolenya. Kartu dibagikan secara tertutup kepada setiap pemain sehingga masing-masing pemain tidak tahu kartu yang dipegang oleh pemain lain.

Moderator memulai permainan dengan fase malam dimana semua pemain diminta tutup mata lalu Moderator mulai bercerita. Ceritanya boleh di-dramatisir atau dibuat lucu yang pasti jangan langsung to the point nanti pemainnya kurang menghayati. Contohnya "Di malam yang sunyi sepi, muncullah penduduk yang jahat yang ingin menghabiskan seluruh penduduk di kampung ini" atau versi lucunya "Di malam yang penuh kegalauan, munculah seorang jomblo yang ingin membunuh para mantan di kampungnya". Dilanjutkan dengan instruksi "Werewolf buka mata", nah setelah instruksi ini pemain yang memegang role Werewolf akan buka mata lalu menunjuk satu orang yang mau dibunuhnya. Setelah selesai, cerita dilanjutkan dengan instruksi untuk "Doktor buka mata" (bisa diselingi cerita supaya lebih menghayati :p). Doktor akan membuka matanya dan menunjuk satu orang yang mau dilindungi. Lalu selanjutnya "Polisi buka mata", Polisi membuka mata dan menunjuk salah satu orang, Moderator akan memberi tanda Mengangguk jika pemain yang ditunjuk adalah Werewolf atau sebaliknya. Setelah selesai, semua pemain diminta buka mata lalu dibacakan pengumuman tentang kondisi yang terjadi. Contohnya "Werewolf berhasil membunuh pemain X, dan pemain X mati" atau "Werewolf tidak berhasil membunuh karena Doktor berhasil melindungi penduduk". Setelah pengumuman dibacakan dilanjutkan dengan fase siang.

Fase siang ini diutamakan untuk menggantung salah satu pemain dengan melakukan Voting. Pemain dengan vote terbanyak dianggap mati dan membuka kartunya. Jika voting sama bisa dilakukan random dengan coin atau biasanya sih saya menyuruh pemain berdebat lagi sampai hasil voting tidak sama. Setelah selesai fase siang ini, permainan dilanjutkan dengan fase malam, dan seterusnya sampai kondisi kemenangan sudah dicapai oleh salah satu kubu.

Fuh... Panjang juga ya untuk menjelaskan game ini. Ini emang permainan agak susah menjelaskannya, tapi waktu permainan dilakukan biasanya di luar ekspektasi loh. Seru abis dan ngakak abis. Lihat orang yang biasanya diem bisa tiba-tiba rame atau lainnya. Di game ini kita akan benar-benar bisa mengerti betapa kompleksnya manusia, terutama dalam hal menipu. Haha :p


3. Bingo Alkitab

Ini permainan yang dimainkan pada waktu saya ikut retreat. Menarik banget ini permainan terutama buat yang suka quiz Alkitab. Permainan ini dapat dimainkan secara kelompok atau individu juga boleh. Sama seperti quiz Alkitab pada umumnya, namun permainan ini dibuat seru dengan adanya papan bingo seperti gambar ilustrasi di bawah ini.

Ilustrasi Bingo Alkitab


Kotak-kotak tersebut merupakan inisial jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Contohnya jika kotak "DBK" yang dipilih, maka pertanyaan yang diberikan adalah: "Apa yang Yesus ajarkan pada Matius 6?" Untuk kelompok yang bisa menjawab diminta untuk cepat-cepatan menyebut nama kelompoknya, kelompok yang menyebut nama kelompoknya terlebih dahulu diperkenankan untuk menjawab. Jika jawaban salah, maka pertanyaan akan dilempar ke kelompok berikutnya begitu seterusnya. Kelompok yang berhasil menjawab akan mendapat poin 10 dan kotak tersebut dimiliki oleh kelompok yang berhasil menjawab. Jika tidak ada yang berhasil menjawab maka kotak itu tidak dimiliki oleh kelompok manapun.

Untuk kelompok yang mendapat kotak-kotak tersebut sehingga membentuk garis (vertikal/horisontal/diagonal), maka akan mendapat tambahan poin sebanyak 20. Permainan dilakukan terus sampai pertanyaan pada kotak sudah dibacakan semua. Kelompok yang berhasil mendapat poin tertinggi adalah pemenangnya.


4. Quiz Battle

Permainan ini terinspirasi dari permainan yang pernah dimainkan oleh Running Man pada permainan terakhirnya di episode 202. Untuk permainan ini, pembawa acara permainan diharapkan untuk mempersiapkan banyak pertanyaan yang dirasa cukup untuk durasi game yang diinginkan. Untuk lebih menarik, kategorikan pertanyaan-pertanyaan tersebut, misal pada waktu saya membawakan permainan ini saya bagi pertanyaan menjadi kategori Alkitab, Kelompok sel (seputar anggota-anggota di kelompok sel saya), Musik, Teka-teki (pertanyaan tentang Riddle atau sejenisnya) dan Lain-lain (pertanyaan random). Masing-masing kategori bisa disiapkan mungkin sekitar 5 pertanyaan ya agar tidak kehabisan pertanyaan jika waktu masih ada.

Dalam permainan ini, terdapat 2 mode yaitu menyerang dan bertahan. Dalam 1 putaran, pemain yang menyerang hanya 1 orang dan sisanya bertahan. Pemain yang menyerang diminta untuk memilih 1 kategori, moderator membaca pertanyaan untuk kategori yang diminta tersebut. Setiap pemain yang bertahan akan menuliskan jawaban dari pertanyaan yang dibaca moderator di kertas. Pemain yang menyerang akan memilih 1 orang dari pemain yang bertahan untuk menunjukkan jawabannya pada kertas yang ditulisnya tersebut.

Jika pemain yang dipilih itu ternyata jawabannya salah, maka poin akan diberikan pada pemain yang menyerang dan pemain penyerang tersebut tetap menyerang pada putaran berikutnya. Jika pemain yang dipilih itu ternyata jawabannya benar, maka poin akan diberikan pada pemain yang bertahan tersebut dan pemain bertahan tersebut menggantikan posisi pemain penyerang tersebut. Begitu seterusnya sampai waktu habis atau seluruh pertanyaan sudah habis. Pemain yang mendapat poin tertinggi adalah pemenangnya.


5. Spyfall (Credit by : owlsmile Kaskus)

Spyfall merupakan contoh permainan psikologi (psychology games) mirip seperti permainan nomor 2 - The Werewolf Game. Pada permainan ini, terdapat satu peran spy yang ditujukan untuk menebak lokasi dan yang lainnya peran commoners (orang biasa) untuk menemukan spy. Nampaknya permainan ini menarik juga dicoba untuk permainan ice breaking. Saya belum sempat mencobanya, namun sepertinya tetep seru kok untuk digunakan pada kondisi seperti komsel (kelompok sel).

Game indoor seru ini bisa dimainkan beramai-ramai atau sedikit orang juga bisa. Itulah alasan kenapa saya bilang game ini simple untuk acara komsel yang kadang-kadang jumlah orangnya tidak pasti. Namun untuk permainan yang paling seru biasa didapatkan jika pemain berjumlah 7-8 orang. Yuk saya jelaskan aturan permainan dari game ini.

Game ini membutuhkan 1 orang untuk menjadi moderator permainan. Moderator bertugas untuk menginformasikan peran spy kepada satu orang dan menginformasikan sebuah lokasi yang sama kepada yang lain kecuali spy (nantinya disebut commoners). Lokasi yang diberikan terserah dari pihak moderator, contoh lokasi: pantai, sekolah, SPBU dan lain-lain. Cara menginformasikannya terserah saja asal simple, kalau saya waktu bermain sama temen-temen kantor, saya membagikan informasi tersebut melalui media chatting LINE. Kalau pakai kartu atau benda fisik lainnya cukup sulit, karena informasi lokasi yang akan diberikan selalu berubah-ubah.

Supaya mudah menjelaskan, saya bagi permainan ini menjadi 3 fase yaitu fase tanya-jawab, fase tebak spy dan fase tebak lokasi. Pada permainan ini, saya rasa fase tanya-jawab sebaiknya dilakukan 2 kali untuk memberikan petunjuk yang cukup kepada spy dan commoners.

Fase tanya-jawab merupakan fase dimana masing-masing pemain melakukan tanya jawab seputar lokasi tersebut. Setiap pemain diberikan jatah satu pertanyaan yang ditujukan kepada satu orang (pemain berhak memilih). Supaya teratur, sebaiknya giliran untuk bertanya dilakukan secara memutar. Oh ya, jangan lupa kalau saya sarankan fase tanya-jawab ini dilakukan 2 kali supaya lebih seru, namun jika mau merubahnya tidak apa kok. :D

Awal saya jelaskan permainan ini ke teman-teman saya, mereka masih bingung memberikan pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan. Untuk itu, mungkin saya berikan contoh pertanyaan saja ya, siapa tahu bisa membantu.

Apa yang kamu rasakan ketika kamu ada disitu?
Waktu disitu biasanya apa yang kamu lakukan?
Berapa kali dalam seminggu kamu pergi ke tempat itu?

Fase tebak spy adalah fase bagi para commoners untuk voting mencari spy. Sementara itu spy masih bertugas untuk berpura-pura menjadi commoners agar tidak diketahui para commoners yang asli. Jika mayoritas voting menunjuk kepada spy yang benar, maka commoners mendapatkan poin, jika salah tunjuk maka commoners tidak mendapatkan poin.

Fase tebak lokasi memberikan kesempatan kepada spy untuk menebak lokasi yang diketahui oleh commoners. Jika benar maka spy mendapatkan poin, jika salah maka spy tidak mendapatkan poin.

Setelah semua fase telah dijalankan, maka tinggal membandingkan poin yang didapat. Jika spy dan commoners mendapat poin, maka hasilnya seri, begitu juga jika spy dan commoners sama-sama tidak mendapat poin. Kemenangan didapat jika salah satu peran mendapat poin dan peran satunya tidak mendapatkannya.

Waktu saya coba permainan ini secara online, saya lihat ternyata diberikan pilihan lokasi kepada spy untuk membantu spy dalam menemukan lokasi. Mungkin Anda sebagai pemimpin game bisa memberikan pilihan-pilihan lokasi (yang banyak) untuk membantu spy dalam mencarinya. Namun jika tidak mau ribet, tidak usah memberikan pilihan lokasi ya ga masalah sih. Hahaha..

Mungkin terdapat aturan-aturan lain dari game Spyfall ini yang tidak saya tuliskan, namun karena saya ingin membuatnya simple, demikianlah permainan Spyfall saya jelaskan. Jika pembaca tertarik untuk mendalami permainan ini, lebih baik Anda mencari referensi-referensi lain di Internet.

6. Hangman (Credit by : Donni)

Ini game ternyata seru loh dimainin saat komsel. Cuman memang perlu modifikasi sedikit agar permainan ini dapat dimainkan secara berkelompok dan tetap seru.

Untuk bermain game ini, perlu disiapkan kertas label yang kecil serta bolpoin. Untuk jumlah silahkan menyesuaikan sendiri setelah mengerti penjelasan game ini.

Minta setiap pemain mencari nama akan suatu topik yang ditentukan. Topiknya bisa nama kota di Indonesia, nama anggota kelompok sel atau nama-nama lainnya. Pengalaman dulu waktu main game ini menggunakan topik nama kota di Indonesia, temen-temen pada milih nama kota yang sulit-sulit sehingga ga tertebak juga tuh nama kota pada akhirnya.

Setiap nama dari masing-masing pemain ditaruh ditulis di kertas label lalu ditaruh di belakang leher sehingga pemain sendiri dan pemain lain tidak bisa melihatnya. Ini cuman sebagai simbol aja supaya nama yang dipilih tidak diubah-ubah sembarangan oleh pemain yang bersangkutan.

Setiap pemain akan mendapat giliran memutar untuk menunjuk satu orang untuk ditebak. Tebakan bisa antara menebak huruf atau menebak nama terserah pemain mau memilih yang mana.

Jika menebak huruf, maka pemain menyebutkan huruf, jika nama pilihan dari orang yang ditebak mengandung huruf tersebut, maka huruf tersebut ditulis di kertas label dan ditempelkan di pipi kanan pemain yang ditebak sesuai jumlah huruf yang ada. Misalnya jika nama yang dipilih oleh pemain yang ditebak adalah "SURABAYA" dan pemain yang menebak memilih huruf "A", maka pemain yang ditebak harus menempel kertas label bertuliskan huruf "A" sebanyak 3 buah di pipi kanannya. Sedangkan jika huruf yang ditebak tidak ada, maka pemain yang menebak harus menempel kertas label dengan huruf yang ditebak di pipi kirinya.

Jika menebak nama, maka pemain menyebutkan nama, jika nama pilihan dari orang yang ditebak benar, maka pemain yang ditebak keluar dari permainan. Jika tebakannya salah, maka semua kertas yang ada di pipi pemain yang ditebak akan pindah ke pemain yang menebak.

Game ini sempat di mainkan di komsel saya, sebenernya permainan ini seru banget. Cuman berhubung yang datang lagi banyak sehingga permainan berlangsung cukup lama, akhirnya game harus dihentikan untuk acara-acara berikutnya. Saran saya sih, mainkan game ini dalam jumlah kelompok kurang lebih 5-10 orang agar game ini jadi seru dan tidak kelebihan waktu.

7. Dodge Ball (Credit by : Yenme)

Ini permainan outdoor yang bisa dimainkan juga loh sebagai ice breaker di kelompok sel. Bisa dimainkan di indoor juga tapi pastikan tempatnya cukup luas dan jauhkan barang-barang yang mudah pecah.

Gamenya simpel, sering dimainkan juga di Running Man. Pertama-tama bagi peserta ke dalam 2 kelompok dimana masing-masing kelompok memiliki area sendiri, seperti lapangan volley gitu dah.. Siapkan bola boneka atau semacamnya (jangan yang keras-keras nanti sakit, kecuali mau terima resiko tersebut :p).

Peserta tinggal main lempar-lemparan bola dan berusaha mengenai pemain lawan. Untuk yang kena lemparan bola tapi berhasil menangkap bola tersebut tanpa memantul, maka peserta tersebut dinyatakan masih selamat. Namun jika peserta terkena lemparan bola tanpa berhasil menangkapnya, maka peserta tersebut keluar. Peserta yang keluar boleh berada di luar lapangan dan membantu timnya tapi tetap harus berada di luar lapangan.

Jika seluruh anggota telah keluar, maka tim yang masih bertahan dinyatakan sebagai pemenang. Game ini lebih cocok dimainkan kalau banyak orang dan siap-siap aja keluar keringat kalau main game ini.

8. Tebak Nama (Credit by : Yenme)

Ini game yang sering saya mainkan tapi sepertinya belum saya tulis di blog ini ya. Jadi untuk persiapannya, siapkan nama-nama hewan, tokoh terkenal, tokoh alkitab dan nama-nama lainnya.

Pilih peserta yang akan bermain sebagai penebak dan satunya sebagai peraga. Tugas penebak adalah menebak nama yang dimaksud oleh peraga. Game ini memang nampaknya cuman buat dua orang, tapi kalau dibuat gantian, peserta yang lain dapat ketawa-tawa juga saat melihat penebak dan peraga melakukan permainan ini.

Berikan waktu 1 menit untuk pemain menebak sebanyak-banyaknya nama. Siapkan list nama yang dipakai untuk ditebak, lalu tunjukkan kepada peraga dan biarkan peraga melakukan gerakan untuk memberikan petunjuk kepada penebak. Nah, hitung berapa kali penebak berhasil menebak nama-nama tersebut selama 1 menit, pemain yang memperoleh jumlah terbanyak maka dinyatakan sebagai pemenang.


Itulah game-game yang bisa saya bagikan. Seperti biasa, jika merasa kurang jelas dalam penjelasannya, silahkan berikan komentar di bawah mungkin kalau bisa saya jelaskan akan segera saya balas. Bagi yang mau memberikan kritik atau saran dapat diberikan juga ya di komentar. Thankz :D

10 comments:

  1. Nice, buat tgl 20 juli ntar ada bubar, hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip sama2.. senang deh bisa membantu :)

      Delete
  2. Diupdate lagi dong materi ice breaking nya, tks. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya.. Belum ketemu permainan yang menarik lagi soalnya :)

      Gbu

      Delete
  3. makasih ya Ko buat ide icebreakernya.. Bisa di pake di CG ku...

    ReplyDelete
  4. The Werewolf Game

    Kelengkapan :
    - 25 Kartu
    - Box
    - Rules Of The Game (Bahasa Indonesia)

    Format Pembelian :
    - Atas Nama
    - No. HP.
    - Alamat Lengkap

    Bahan AP260, Harga 50k (ongkir ditanggung pembeli)
    Hub. 085 731 790 714 (TELP, SMS or WA)

    Penampakan :
    http://jualkartuwerewolf.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. The Werewolf Game

    Kelengkapan :
    - 37 Kartu
    - Box
    - Rules Of The Game (Bahasa Indonesia)

    Format Pembelian :
    - Atas Nama
    - No. HP.
    - Alamat Lengkap

    Bahan AP260 (durable), Harga Rp. 60.000,- (ongkir ditanggung pembeli)
    CP. 085 731 790 714 (TELP, SMS, WA or LINE)
    Pengiriman Via JNE (Silahkan cek ongkir di jne.co.id)
    Lokasi Kab. Mojokerto

    Penampakan :
    http://jualkartuwerewolf.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates